Jumat, 22 Januari 2016

SISTEM PEMBUANGAN AIR LIMBAH PERUMAHAN


1.      PENGERTIAN UMUM
            Air limbah domestik adalah air limbah yang berasal dari usaha atau kegiatan permukiman, rumah makan, perkantoran, perniagaan, apartemen dan asrama.Beberapa bentuk dari air limbah ini berupa tinja, air seni, limbah kamar mandi, dan juga sisa kegiatan dapur rumah tangga.

            Jumlah air limbah yang dibuang akan selalu bertambah dengan meningkatnya jumlah penduduk dengan segala kegiatannya. Apabila jumlah air yang dibuang berlebihan melebihi dari kemampuan alam untuk menerimanya maka akan terjadi kerusakan lingkungan. Lingkungan yang rusak akan menyebabkan menurunnya tingkat kesehatan manusia yang tinggal pada lingkungannya itu sendiri sehingga oleh karenanya perlu dilakukan penanganan air limbah yang seksama dan terpadu baik itu dalam penyaluran maupun pengolahannya.

            Sistem penyaluran air limbah adalah suatu rangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang air limbah dari suatu kawasan/lahan baik itu dari rumah tangga maupun kawasan industri.Sistem penyaluran biasanya menggunakan sistem saluran tertutup dengan menggunakan pipa yang berfungsi menyalurkan air limbah tersebut ke bak interceptor yang nantinya di salurkan ke saluran utama atau saluran drainase.
           
            Sistem penyaluran air limbah ini pada prinsipnya terdiri dari dua macam yaitu: sistem penyaluran terpisah dan sistem penyaluran campuran, dimana sistem penyaluranterpisah adalah sistem yang memisahkan aliran air buangan dengan limpasan air hujan, sedangn sistem penyaluran tercamkapur menggabungkan aliran air buangan dengan limpasan air hujan.
           
            Dalam hal ini pembahasan hanya mencakup sistem penyaluran air limbah terpisah. Kemudian sistem pengolahan limbah pun terdiri dari 2 macam yaitu sistem pengolahan on-site position dan sistem off-site position, yang akan ditinjau nantinya adalah sistem pengolahan off-site posistion dimana air limbah disalurkan melalui sewer (saluran pengumpul air limbah) lalu kemudian masuk ke instalasi pengolahan terpusat.

 
ANALISA SISTEM PEMBUANGAN LIMBAH
PERUMAHAN ANCOL RESIDENCE
(ANCOL BARAT – JAKARTA - INDONESIA)

            ANCOL RESIDENCE merupakan proyek sebuah perumahan elit yang sedang dibangun diwilayah Ancol Barat. Beberapa perusahaan konstruksi yang berkerjasama di dalam proyek ini adalah :
1.      ARCHITECTURE CONCEPT : MKPL ARCHITECTS PTE LTD
2.      ARCHITECTURE CONSULTAN : ARKONIN
3.      CIVIL CONSULTAN : WIRATMAN & ASSOCIATES
4.      MEP CONSULTAN : PT. ARNAN PRATAMA CONSULTANTS
5.      MANAGEMENT CONTRUCTION : CCM (CIRIAJASA CIPTA MANDIRI).

Analisa ini akan membahas mengenai pembuangan air limbah perumahan Ancol Residence ini yang akan di bagi menjadi beberapa bagian analisa :
1.      Sistem penyaluran air limbah yang diterapkan.
2.      Sistem pemipaan yang diterapkan.
3.      Pola jaringan pemipaan air limbah yang diterapkan.



  1.SISTEM PENYALURAN AIR BUANGAN



            Gambar diatas merupakan gambar siteplan keseluruhan perumahan, dari analisa gambar diatas dapat diketahui bagaimana sistem penyaluran air limbah perumahan ini.
           
            Air limbah utama berasal dari tiap-tiap hunian, pergerakan pertama menuju bioseptictank disini terjadi pengolahan individu, dimana ketika di salurkan ke bak control sudah berbentuk cairan, di bak control di olah lagi dan selanjutnya di salurkan ke SWP (sweeger pit) disini terjadi pengolahan lagi, yang pada akhirnya di salurkan ke STP Doble decker dimana pilih menjadi air untuk taman dan air yang dibuang ke kali.




Pergerakan air limbah dimulai dari setiap unit dan menuju satu pengelola, begitu juga dengan air hujan yang di padukan dengan pembuangan air kotor, sehingga sistem pembuangan air limbah yang digunakan merupakan sistem “tercampur”

            Sistem penyaluran tercampur merupakan sistem pengumpulan air buangan yang tercampur dengan air limpasan hujan (sugiharto 1987). Sistem ini digunakan karena daerah perumahan merupakan daerah padat dan sangat terbatas untuk membangun saluran air buangan yang terpisah dengan saluran air hujan, debit masing–masing air buangan relatif kecil sehingga dapat disatukan, memiliki kuantitas air buangan dan air hujan yang tidak jauh berbeda serta memiliki fluktuasi curah hujan yang relatif kecil dari tahun ke tahun.
           
            Kelebihan sistem ini adalah hanya diperlukannya satu jaringan sistem penyaluran air buangan sehingga dalam operasi dan pemeliharaannya akan lebih ekonomis. Selain itu terjadi pengurangan konsentrasi pencemar air buangan karena adanya pengenceran dari air hujan.

            Sedangkan kelemahannya adalah diperlukannya perhitungan debit air hujan dan air buangan yang cermat. Selain itu karena salurannya tertutup maka diperlukan ukuran riol yang berdiameter besar serta luas lahan yang cukup luas untuk menempatkan instalasi pengolahan buangan.
           
            Bahan dan jenis pipa yang digunakan pada saluran pembuangan perumahan ini adalah Pipa PVC (Polyvinil Chlorida),Pipa beton (concrete pipe), Pipa HDPE (High Density Polythilen).Pipa tersebut memiliki kunggulan dan fungsi masing-masing dimana penempatan dan penggunaan pipa tersebut diesuaikan dengan fungsi pipa tersebut.


2.SISTEM PEMIPAAN YANG DITERAPKAN



1. Pipa Persil
            Pipa persil adalah pipa saluran yang terletak di dalam rumah dan langsung menerima air buangan dari instalasi plambing bangunan.Memiliki diameter 3”- 4”, kemiringan pipa 2%. Teknis penyambungannya antara debit dari persil dengan debit dari saluran pengumpul kecil sekali maka penyambungannya tegak lurus.

2. Pipa Servis
            Pipa servis adalah pipa saluran yang menerima air buangan dari pipa persil yang kemudian akan menyalurkan air buangan tersebut ke pipa lateral. Diameter pipa servis sekitar 6”- 8”, kemiringan pipa 0.5 - 1%. Lebar galian pemasangan pipa servis minimal 0,45 m dan dengan kedalaman benam awal 0.6 m. Sebaiknya pipa ini disambungkan ke pipa lateral di setiap manhole.

3. Pipa Lateral
            Pipa lateral adalah pipa saluran yang menerima aliran dari pipa servis untuk dialirkan ke pipa cabang, terletak di sepanjang jalan sekitar daerah pelayanan. Diameter awal pipa lateral minimal 8”, dengan kemiringan pipa sebesar 0,5 - 1%.

4. Pipa Cabang
            Pipa cabang adalah pipa saluran yang menerima air buangan dari pipa-pipa lateral. Diameternya bervariasi tergantung dari debit yang mengalir pada masing-masing pipa. Kemiringan pipa asekitar 0,2 - 1%.

5. Pipa Induk
            Pipa induk adalah pipa utama yang menerima aliran air buangan dari pipa-pipa cabang dan meneruskannya ke lokasi instalasi pengolahan air buangan. Kemiringan pipanya sekitar 0,2– 1%. 

DETAIL BAK KONTROL

 
DETAIL SWP

POTONGAN STP


POTONGAN DENAH AIR KOTOR

  3.POLA JARINGAN

            Pola jaringan merupakan, suatu sistem untuk mengatur penyusunan dan pemasangan secara sistimatis dan terukur yang dijadikan acuan dan diterapkan untuk maksud tertentu.

            Adapun pola jaringan yang di maksud  ini merupakan pola jaringan dari sistem pemipaan air limbah dari perumahan, pola jaringan yang diterapkan pada perumahan Ancol Residence disesuaikan dengan kondisi lingkungannya, agar pemipaan lebih efektif dan tanpa masalah dalam jangka panjang baik bagi penghuni maupun lingkungan sekitar.

            Pola interceptor adalah pola  yang digunakan pada perumahan Ancol Residence ini , pola ini merupakan sistem campuran terkendali yaitu ke dalam pipa riol hulu dimasukkan sejumlah tertentu air hujan dengan pemasukkan terkendali. Ujung akhir riol hulu didesain melintas di atas riol interceptor, sedangkan outfall bypassnya menuju badan air penerima terdekat.Pola ini cocok untuk diterapkan di daerah pantai.

ANGGOTA KELOMPOK 2

ARFA EKA AUTAMA                                21314514
BERNANDETHA RATNA SARI               22314140
EVELYNN AMALIA SABRINA                23314690
IKA PURWANINGTYAS                            25314130
MECHY CLAUDIA MELINDO                 25313379
RIA FARIHA                                                 29314706
RIZKY NADIAH PUTRI                             29314706
SITI NURJANNAH                                      2A314382
TANYA AMALIA MARIS                          29314706



3 komentar:

  1. GOOD JOBS...TERUSKAN SEMANGAT YANG BAIK

    BalasHapus
  2. sistem buangan air limbah itu apa saja dan keunggulannya apa saja?

    BalasHapus
  3. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus